GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

BERKAT DARI (KUASA) KEBANGKITAN May 25, 2008

Pdm. Luther Dias

16 April 2006

BERKAT DARI (KUASA) KEBANGKITAN

Firman Tuhan : Lukas 24:1-12

Hari ini adalah hari yang sangat menentukan dalam kehidupan kita, sebab Yesus bukannya mati dan tidak bangkit lagi, tapi Dia, Yesus telah bangkit. Alam maut tidak dapat menahannya lebih lama lagi. Oleh karenanya, hari ini ada pengharapan yang besar buat kita semua. Yesus yang telah bangkit itu, datang dalam kehidupan kita untuk memulihkan (membebaskan) setiap kita, sehingga kita bukan lagi orang-orang yang tinggal dalam kegelapan tapi yang dipanggil keluar kepada TerangNya Yang Ajaib.

Ada 3 karya besar yang Tuhan buat kita, yaitu bahwa Yesus mati, Yesus bangkit dan Yesus hidup; untuk kita semua!

I Kor. 15:54-55; Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” Melalui kematiaanNya, Yesus telah mengalahkan segala kuasa (sengat) maut. Hari ini seharusnya menjadi momentum untuk kita bangkit, menerima pemulihan, bersungguh-sungguh pada Tuhan. Sebab hari ini kita punya keberanian percaya bahwa Tuhan Yesus kita adalah Tuhan yang telah bangkit dan yang mengalahkan serta memporak-porandakan kerajaan maut beserta segala kuasa di dalamnya. Amin!

Adapun berkat-berkat dari kebangkitan Tuhan Yesus, antara lain:

1. Ada intervensi Allah atas hidup kita (ayat 2). Hari ini apapun ”kubur” yang ada dalam kehidupan kita, baik itu kubur keputusasaan, sakit hati atau juga keragu-raguan dan yang lainnya; ketahuilah ada intervensi Allah dalam kehidupanmu. Buktinya adalah bahwa Allah menyuruh malaikat untuk datang menggulingkan batu penutup kubur Yesus tersebut, kubur itu kosong dan ditemukan hanya kain kafan penutup tubuh Yesus saja yang ada.

Saat kita berjalan bersama Yesus, tempat kita – seharusnya – bukan berada dalam kubur keragu-raguan, keputusasaan atau juga sakit hati kita; tapi tempat kita adalah bersama-sama dengan Tuhan yang telah bangkit, menikmati segala janji-janji yang telah difirmankanNya dan menerima kemenangan demi kemenangan (lebih dari pemenang). Artinya, segala “batu” yang menghalangi berkat Tuhan sedang Tuhan singkirkan itu dari kehidupan kita.

2. Tuhan Yesus memberikan kepada kita pemberian-pemberian (Efesus 4:8; Itulah sebabnya kata nas: “Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia”.) Pemberian-pemberian, dalam hal ini adalah 5 jawatan kepada gerejaNya, yaitu guru, nabi, rasul, gembala dan pengajar; dengan maksud memperlengkapi tubuh Kristus. Tidak hanya itu, kebangkitan Kristus juga membawa kelepasan bagi setiap kita dari kebiasaan-kebiasaan buruk, kuasa gelap, dan cara-cara hidup lama kita yang salah. Sehingga hidup kita diubahkan dan menerima kuasa kebangkitan itu, karena Yesus yang bangkit itu ada dalam kita.

3. Yesus mengambil kunci maut dan kunci kerajaan maut (Wahyu 1:16-18.) Saat Yesus mati dan selama 3 hari berada dalam kubur, penguasa alam maut dikalahkanNya dan kunci maut serta kerajaan maut direbut olehNya. Artinya, iblis mengalami kekalahan total. Dan Yesus yang sama, yang memegang kunci maut dan kerajaan maut tersebut ada tinggal di dalam kita. Oleh karenanya, inilah saat dimana kita dapat juga merebut orang-orang yang kita kasihi, baik itu istri, suami, anak, orangtua, kota bahkan bangsa kita dari cengkeraman iblis, sebab kunci itu ada pada Yesus, yang diam dalam setiap kita yang percaya padaNya. Juga kunci kerajaan sorga menjadi milik gerejaNya (Matius 16:19). Wow, kebangkitanNya membawa dampak yang luar biasa, bukan? Itulah kuasa kebangkitan Yesus.

4. Kesempatan untuk kita kembali kepada kasih yang semula (Wahyu 2:5; Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat). Kebangkitan Kristus merupakan kesempatan untuk kita kembali kepada kasih yang semula. Hari ini mungkin ada diantara kita yang kadar kasihnya kita pada Tuhan yang mulai luntur; ibadah mulai seperti sebuah rutinitas; segala yang kita kerjakan menjadi biasa-biasa saja; berdoa, membaca dan merenungkan Firman sudah jarang kita lakukan. Ini merupakan kesempatan, itu berarti ada waktu dimana kesempatan itu akan diambil daripada kita (siapa tahu hari ini, adalah kesempatan yang terakhir buat kita? Tidak ada hari esok lagi buat kita.) Pikirkanlah!

Ada 3 cara untuk kita dapat kembali kepada kasih yang semula, yaitu :

  1. Remember. Ingatlah siapa kita saat awal Tuhan memanggil kita! Saat pertama kali Tuhan panggil kita, rasa-rasanya setiap saat kita mau bertemu dengan Tuhan, kita jatuh cinta (ada kobaran cinta dalam hati kita) dengan Tuhan, suka membaca dan merenungkan kebaikan Tuhan setiap saat. Jangan lupakan itu! Jangan lupakan kebaikan Tuhan! Ini yang harus menjadi komitmen kita. Yesus bangkit untuk mengembalikan cinta setiap kita, manusia, kepadaNya. Yesus bangkit untuk SAYA!
  2. Repent, (bertobat). Artinya kembali dari cara hidup yang sia-sia, kembali dari dosa kita. Hari ini jika kita masih berbuat dosa, kita SEBENARNYA tidak menghargai kebangkitan Kristus.
  3. Remove (mengangkat atau memindahkan). Saat kita menerima Yesus sebagai Juruselamat Penebus kita, hadirat Tuhan itu berdiam dalam hidup kita. Akan tetapi, jika kita tidak mengingat lagi akan kebaikan Tuhan dan tidak mau bertobat dari keberdosaan kita, maka Tuhan akan menarik “kaki dian” / hadiratNya itu dari kita yang menyebabkan kematian rohani.

Ketahuilah, bahwa Dia, Yesus Kristus, mati untuk kita karena Dia begitu mengasihi setiap kita, umat kepunyaanNya!

I Korintus 15 :20

Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.”

 

2 Responses to “BERKAT DARI (KUASA) KEBANGKITAN”

  1. Bobby Butar Butar Says:

    blognya nggak diupdate ya pak..

  2. kadoindonesia Says:

    Dear all, menyongsong natal ini,ICC-M menyelenggarakan Lomba Kreativitas Anak2 Tuhan yg diberi nama “Kado Natal Indonesia 2008” berupa:Lomba Menulis Cerpen (seputar natal), Lomba Photo Creative, Lomba SMS-Creative. Berhadiah menarik. Kunjungi http://www.icc-ministries.co.cc


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s