GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

Duta Besar Kerajaan Allah May 24, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

6 Nopember 2005

Duta Besar Kerajaan Allah

Firman Tuhan: 2 Kor. 5:20; Fil. 3:20a

Kita berbicara tentang Ambassador (duta besar). Beberapa tugas/kriteria duta besar secara umum:

· Perwakilan dari raja/ratu/presiden atau suatu pemerintahan di negara sahabat. Seringkali suatu organisasi internasional juga memiliki duta besar. Dalam kaitannya dengan negara, duta besar merupakan perwakilan politik di negara asing.

· Memiliki tugas dan tanggung-jawab untuk mewakili kepentingan negaranya di negara sahabat atau di manapun ia ditempatkan.

· Harus mampu melindungi warga negaranya yang berada di negeri asing.

· Diberi kewenangan yang besar bahkan seringkali tidak terbatas dalam mewakili pemerintahan negaranya dan melindungi warga negaranya.

Dalam bacaan FT di atas, kita adalah utusan-utusan Kristus, duta besar kerajaan Allah. Berarti kita adalah pengantara Allah yang bertugas membawa orang-orang berdosa untuk diperdamaikan dengan Allah. Kewarganegaraan kita adalah kerajaan sorga. Kita memakai nama ROCK (Representative of Christ’ Kingdom) untuk meneguhkan identitas kita sesuai dengan FT ini.

Duta besar kerajaan Allah di muka bumi memiliki tugas-tugas khusus:

1. Perwakilan Kristus

  • Menjadi perwakilan yang diberi wewenang (authorized representative): apa yang dilakukan atau dihadapi oleh Tuhan Yesus dapat kita lakukan juga. Bukan sekedar wewenang untuk makan/minum/bekerja, tetapi untuk menjala manusia bagi kerajaan Allah. Ada 2 misi yang harus dilakukan oleh perwakilan yang diberi wewenang ini, yaitu 1) Misi Umum : Mat. 28:19-20 >> pergi dan menjala manusia, membawa manusia yang berdosa untuk didamaikan dengan Allah. Kita selalu ingat untuk menceritakan tentang Yesus kepada orang lain, tidak hanya dalam lingkungan gereja, tetapi dalam lingkungan bisnis juga. 2) Misi khusus: kita melayani Tuhan dengan talenta-talenta yang Tuhan berikan secara khusus kepada kita, karena itu setiap kita harus saling menghargai. Seorang duta besar harus membela warga negaranya, bukannya menghakimi, menghantam, hanya mengoreksi, tetapi sebaliknya, memberikan jalan keluar. Menjadi perwakilan yang
  • Berbicara untuk Kristus Ditunjuk (appointed representative): Tuhan yang menunjuk kita untuk ada di dunia. Karena itu, jangan minder dengan kondisi atau keadaan jasmani kita. Jangan sampai ada sakit hati atau gambar diri yang rusak. Kita berharga bagi Tuhan, Tuhan sendiri yang menunjuk kita sebagai perwakilanNya di bumi ini.
  • Agen Kristus: dalam dunia sekuler, agen adalah individu/lembaga yang diberi wewenang dan tugas tertentu oleh individu/lembaga lain yang biasanya memiliki posisi lebih tinggi. Kita adalah agen dari Tuhan sendiri, dan karenanya memiliki kedudukan yang tinggi, sehingga setiap permasalahan ada di bawah kita. Kita adalah agen Tuhan untuk membawakan kesembuhan bagi orang-orang yang sakit, membawa damai bagi orang lain, memberikan pekerjaan bagi orang yang memerlukannya.

2. Berbicara untuk Kristus: 1) bahwa Yesus adalah Juruselamat. Kita berbicara bukan sekedar berkata-kata, tetapi hidup kita sendiri yang mengalami Kristus yang berbicara untuk Kristus. Artinya kita selalu memuliakan Allah; setiap perkataan mulut kita hanya meninggikan Tuhan. Kita harus dapat menguasai lidah, tahu kapan harus diam, dan kapan harus bicara, 2) tentang Injil Kerajaan; Mat. 24:14 >> Tuhan Yesus baru datang datang kembali kalau Injil Kerajaan sudah diberitakan di seluruh dunia. Kerajaan Allah berbicara tentang kuasa; bukan sekedar soal makan/minum, tetapi soal damai, sukacita, dan kebenaran oleh Roh. Dalam situasi apapun, sebagai agen Kristus kita harus selalu membawa damai, 3) pelayanan umat manusia: kita melayani manusia, bukan gedung gereja atau acara ibadah. Dalam melayani manusia, pasti ada proses yang harus kita lalui. Tetapi kalau kita mau datang pada Tuhan, segalanya pasti dapat diselesaikan dalam damai. Setiap kita dipakai Tuhan untuk melayani orang lain. Apapun kekurangan kita, tidak membatasi kita untuk melakukan pelayanan kepada sesama. Sebagai orang yang berbicara untuk Kristus kita harus memiliki keputusan hati untuk memberi makan kepada orang yang jahat sekalipun. Bukan hanya makanan jasmani, tetapi juga makanan rohani. Tetap berbuat baik kepada yang berbuat jahat kepada kita.

3. Berdiri untuk Kristus: 1) memiliki standar hidup yang sesuai dengan FT. Ingat dari mana kita diangkat Tuhan. Kadang kala kita lupa dan menganggap bahwa kita diangkat dengan kekuatan kita sendiri, sehingga tidak lagi mengontrol diri. 2) Selalu memuliakan Tuhan, 3) membangun gerejaNya. Kita adalah gereja Tuhan, dan karena itu kita harus saling menasehati, menghibur dan membangun.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s