GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

PENEROBOS May 31, 2008

Pdt. Daniel Pingardy
22 Juli 2006

“PENEROBOS”

Bacaan : 2 Timotius 3:1

Apa yang harus kita kerjakan – sebagai gereja – pada hari-hari terakhir?

Menilik berbagai hal yang terjadi silih berganti (tidak kunjung selesai) atas bangsa kita ini, hal ini apakah merupakan bagian dari kutuk; salah satunya dengan mengutuki Israel. Atau bahkan ini penghukuman Tuhan? Melihat dari sisi Alkitab, ini harus dicermati sebagai saat penggenapan Firman Tuhan yang sedang terjadi. Allah sedang melakukan penggenapan demi penggenapan.

Ayat 1, ”Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.” Masa sukar mengandung arti :

  1. Jaman berbahaya; dimana dosa tidak jauh dari ujung jari,
  2. Jaman kekerasan; dimana hampir seluruh stasiun televisi tidak ada yang tidak menayangkan siaran dengan kekerasan,
  3. Jaman yang menyedihkan; dimana-mana orang menjadi ketakutan dengan alam sekitarnya. Contoh : Orang Indonesia takut dengan tsunami, gunung meletus dan tanah longsor. Di Amerika, takut dengan badai (seperti badai Cathrina dan yang terakhir, Wilma). Di Taiwan, orang takut dengan badai Liong Kwan.
  4. Jaman sulit; dimana terjadi pergeseran dari zaman manual menjadi digital. Semakin menciutkan tenaga kerja manusia di dalamnya.

Di dunia ini tidak ada tempat yang aman! Tempat yang aman hanya ada dimana Yesus juga berada di sana. Dimana kita berada, di situ juga ada Yesus.

Hakim-hakim 7:1-6; Mikha 2:13.

Mengapa kita membutuhkan Tuhan yang namaNya ”Penerobos.” Ada hal-hal dalam kehidupan kita yang dapat kita kerjakan dengan akal-pikiran kita, tapi juga ada hal-hal dalam kehidupan kita yang tidak dapat kita kerjakan dengan akal-pikiran kita. Oleh karenanya, kita membutuhkan Tuhan.

Kita membutuhkan Tuhan dalam menerobos masa sukar (tekanan-tekanan hidup) yang terjadi di depan kita. Sebagai orang percaya, hari ini, Allah penerobos yang namanya ”Paras” mengajak setiap kita untuk keluar menghadapi segala yang terjadi. Jangan lari dari masalah. Jangan menghindar sebab lewat masalah – ketika kita berani menghadapinya – ada peningkatan dalam hidup iman kita. Itu yang mengakibatkan ada kualitas. Gereja dituntut kualitas, bukan hanya pada kuantitas saja.

Dalam segala aspek, kita harus mengalami terobosan! Begitu juga dengan Gereja Tuhan, Kita (baca : Gereja) harus mengalami terobosan, jika tidak, akan timbul roh agamawi. Arti Penerobos itu adalah : keluar, bertumbuh, bertambah, terbuka. Jadi, orang yang mengalami terobosan itu harus keluar, hidupnya bertumbuh dan bertambah serta ada keterbukaan! Bukan lagi menjadi orang yang kalah dengan masalah, tapi justru kita yang harus mengalahkan masalah.

Alasan-alasan orang yang tidak mengalami terobosan, yaitu antara lain :

  1. Kita tidak akan mengalami terobosan kalau kita takut dan gentar (ayat 3).

Ada banyak arti kata ”takut” tapi ada 3 macam ketakutan (menurut bahasa aslinya), yaitu:

delio à ketakutan usia anak-anak, mis = anak-anak takut ketika disuruh tampil di depan mimbar/pentas.

phobia à ketakutan yang sesaat; mis : takut dengan ketinggian.

prubos à ketakutan yang menguasai seseorang secara terus-menerus; mis : takut akan masa depan, takut akan gelap.

Dari ayat ini terlihat jelas, bahwa ketakutan yang dimaksudkan adalah ketakutan tingkat prubos. Prubos inilah yang membuat mundurnya (pulang) dua puluh dua ribu orang dari rakyat itu dan tinggallah sepuluh ribu orang. Iman tidak bisa bekerja sama dengan prubos! Prubos ini yang harus dihalau.

Mantan presiden AS, Franklyn Rossevelt, berkata, ”Ketika menghadapi masa-masa yang sukar hal-hal yang perlu kita takuti, yaitu ketakutan itu sendiri!” Masa sukar boleh saja terjadi, tapi kita tidak boleh takut. Jangan hidup dalam ketakutan!

  1. Tidak siap berperang (ayat 5-6).

Jumlah sepuluh ribu ternyata masih terlalu banyak, menurut Tuhan (ayat 4). Jadi, ada seleksi tahap kedua. Gideon lalau menyuruh rakyat itu untuk turun minum. Atas perintah Tuhan, dibagilah rakyat itu menjadi 2 kelompok berdasarkan cara mereka minum. Kelompok yang minum dengan cara menghirup dengan membawa tangannya ke mulutnya, ada tiga ratus orang, tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya berlutut minum air. Yang mimum dengan berlutut itu berarti mereka menanggalkan peralatan perangnya. Berarti mereka ini tidak siap untuk berperang (tidak waspada). Fokusnya teralihkan.

Hidup keKristenan penuh dengan peperangan. Hari-hari ini, roh agamawi sedang tumbuh dimana-mana. Oleh karenanya, kita ada peperangan rohani. Yang harus kita perangi adalah :

  • Diri kita sendiri. Seperti perang terhadap kemalasan musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri.
  • Lingkungan (sekeliling) kita. Mis. = lewat televisi, hobby.
  • Iblis.

Untuk menang atas semuanya itu, mari hari ini, pastikan kita bersama dengan Yesus.

Tiga alasan supaya kita mengalami terobosan, yaitu :

Ø Percaya dan pegang apa yang Tuhan katakan (Hakim-hakim 6:16). Gideon pegang apa yang Tuhan katakan (dia percaya). Walau yang bersama dengan dia ciut dari 32.000 orang menjadi 300 orang saja, dimana musuhnya malah tidak berkurang jumlahnya. Gideon percaya (pegang) apa yang Tuhan katakan. Setiap yang dijanjikan Tuhan, pasti akan digenapi.

Ø Hidupnya dtpenuhi kuasa Roh Tuhan (Hakim-hakim 6:34). Dengan adanya Roh Kudus tinggal dan berdiam dalam kita, seharusnya Itu dapat mengubah kita. Dari perasaan takut menjadi berani. Seperti : Saulus yang diubah menjadi Paulus.

Ø Setia (ayat 5-6). “Barangsiapa yang menghirup air dengan lidahnya seperti anjing menjilat…” Mengapa Tuhan memilih memakai anjing sebagai perbandingannya. Salah satu sifat anjing adalah setia. Pertanyaannya? Apakah kita, manusia, setia? Ayo, kita belajar dan milikilah sifat setia ini. Orang yang mengalami terobosan adalah orang yang setia dengan Tuhan.

Gideon dengan 300 orang mengalami terobosan dalam perkara yang luar biasa. Itu juga dapat terjadi dalam hidup kita. Mari nikmati kuasa terobosan Tuhan dalam perkara yang luar biasa, dalam hidup kita!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s