GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

MURID SEJATI May 31, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

7 Mei 2006

”MURID SEJATI”

Apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan murid sejati? Murid sejati adalah orang yang senantiasa mau bertumbuh dalam kebenaran dan keberanian. Seperti seorang serdadu yang berlatih untuk berperang, seorang dokter yang berlatih untuk penyembuhan; sedangkan murid sejati berlatih untuk mewujudkan gambar Tuhan serta memberitahukan ”alamatnya” (keberadaan) Tuhan, di sorga.

Mengapa Allah menganggap penting seorang murid sejati? Hal ini disebabkan, karena Allah menginginkan sampai akhir (kehidupan kita) pun kedapatan tetap setia padaNya. Haleluya !!!

Matius 4:23-25;5:1

Dari bacaan di atas, kita dapati bahwa banyak orang yang datang kepada Yesus hanya untuk mencari berkat (makan dan minum), cari kesembuhan, atau cari kekuatan saja. Tapi ada hal yang yang tidak lazim, yang justru Tuhan Yesus lakukan. Ia malah naik ke atas bukit. Tuhan tahu kenapa Ia harus naik ke atas bukit, karena orang yang mengalami pemulihan jassmani, tokh masih bisa sakit; orang yang diberkati (uang) uang inipun bisa ”terbang” (walau uang tidak bersayap / hilang). Sebab hal-hal itu hanyalah sebuag ”kebenaran yang sementara”. Tapi Tuhan Yesus memberitahukan bahwa ada ”kebenaran yang kekal”, yaitu dengan menjadi murid. Artinya, kita tidak datang masuk ke gereja hanya untuk jadi pengunjung / turis atau sekedar penunjang bahkan sekedar berkomirmen supaya menjdapat pelayanan pastoral nantinya.

Lukas 5:15-16

Ini menunjukkan bahwa kadangkala kita – sebagai pengikut Kristus – cenderung senang kalau beribadah berada di tempat yang ramai. Tapi saat sendirian (saat teduh dengan Tuhan) kita tidak lagi memiliki gairah untuk berdoa dan baca Firman Tuhan, bahkan kita malamnya kita tertidur tanpa mengerti apa kehendak Tuhan saat itu. Juga ada yang suka berbahasa roh pandang dan lama sekali dalam ibadah, padahal bagsa roh itu untuk membangun diri sendiri, ini dilakukan saat teduh. Baru dalam ibadah bersama, kita membangun jemaat melalui nubuat. Selidikilah hati kita; saat kita sendirian apakah fokus kita tetap tertuju kepada Tuhan ataukah tidak.

Yohanes 6:22-27;66

Yesus tidak hanya datang sebagai entertainment atau hanya memuaskan keingingan “daging” kita! Akan Tetapi Dia, Yesus, membawa kita kepadaNya naik satu level iman lebih lagi. Yang dimaksudkan dengan naik satu level iman lebih lagi adalah soal penderitaan, proses atau pembentukan. Oleh karenanya di ayat 66, banyak murid yang meninggalkan Tuhan Yesus.

Hari ini sama. Seringkali kita dlam pengiringan kita akan Tuhan Yesus hany didasari ingin diberkati semata. Sehingga saat proses datang (ada tantangan), kita bukanlah menjadi orang yang mundur. Sebab ada kebenaran kekal, yang membuat kita kuat menghadapinya.

Namun juga, acapkali kita yang ”memaksa” Tuhan turun ke levelnya kita, dan bukannya mengijinkan Tuhan yang membawa kita naik ke level yang Dia kehendaki, bukan?

Matius 8:18-23

Kita tentu senang saat ada orang terpelajar, ahli agama, atau pejabat pemerintahan yang datang ke tempat ibadah dimana kita beribadah. Akan tetapi dari pembacaaan di atas, Tuhan Yesus malah mempunyai pandangan berbeda dengan pandangan kita pada umumnya. Yesus malah naik kapal dan menyeberang. Apakah Tuhan Yesus tidak senang dengan hal itu. Kita belajar bahwa bukan itu tujuan utama, karena orang-orang itu hanya mau datang pada Yesus dan tinggal pada level yang disebut murid saja.

Hari ini, kita memang membutuhkan banyak orang yang bertitel, jumlah jemaat yang banyak, ada orang dari pejabat pemerintahan, orang yang berduit. Terlepas dari semuanya itu, gereja harus punya goal 7ntuk mencapai level yang lebih tinggi yaitu menjadi “murid sejati”.

Apa itu bukti seorang murid?

  1. Yohanes 8:31-32. Bukti kita adalah murid Tuhan Yesus yaitu tinggal dalam Firman Tuhan.
  2. Yohanes 12:34-35. Bukti kita adalah murid Tuhan Yesus adalah dengan saling mengasihi. Tuhan Yesus memberi bukti Dia tidak hanya menerima orang-orang yang baik saja, tapi justru tujuan Dia datang ke bumi adalah untuk mencari dan menyelamatkan orang-orang yang terhilang (berdosa).

Lantas mengapa ada banyak murid yang gagal (dalam hal ini mereka tidak sampai menjadi murid sejati)? Tuhan Yesus memberikan jalan keluar :

I Yohanes 2:6; seorang murid berlatih untuk menjadi sama dengan gurunya. Guru kita adalah Yesus Kristus. Jadi, kita harus hidup sama seperti dengan kehidupan Yesus, atau menjadi seperti apa yang Yesus jalani ini berbivara tentang gaya hidup Yesus).

Apa itu gaya hidup Yesus? Yohanes 5:19; menjelaskan gaya hidup Yesus adalah melakukan apa yang Bapa kerjakan. Ini gaya hidup intimacy atau hidup bergaul dengan Bapa, yaitu dengan menyediakan waktu lebih dengan Tuhan.

Yakobus 1:12-15; jika kita mau berbahagia, alamilah pencobaan. Sebab berbahagialah orang-orang yang bertahan dalam pencobaan, dia akan menang, bahkan dia akan lebih dari pemenang.

Kita akan intim dengan Tuhan bukankah saat kita sedang mengalami pencobaan? Oleh karenanya, tanamkan ini, dibalik masalah ini pasti ada berkat, ada tuntunan tangan Tuhan, ada janji-janji Tuhan, juga ada jalan keluar.

Namun jangan juga bergaul dengan Tuhan hanya saat masalah datang menghimpit. Ini juga salah. Saat kesembuhan terjadi, ada pemulihan, pertolongan Tuhan, promosi; jangan lupakan Tuhan. Maka latihlah terus waktu kebersamaan kita dengan Allah; menyadari keberadaan Tuhan, menyembah dan berbicara dengan Dia. Mulai latihan itu dari 1 jam, 2 jam dst. Latih dan latih terus hingga menjadi kebiasaan, saat dimana Tuhan menguasai kita (Galatia 2:20).

Saat kita bergaul karib dengan Dia (intim), kita tidak hanya menerima berkat, tapi kita juga akan dijadikan berkat bagi sesama.

Yehezkiel 34:26

”Aku akan menjadikan mereka dan semua yang ada di sekitar gunungKu menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat.”

Amin !!!

 

One Response to “MURID SEJATI”

  1. aldro Says:

    never lost wt Jesus..Amen


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s