GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

DIPERCAYAKAN KEMULIAAN-NYA May 31, 2008

Pdp. Lenny Dias

30 April 2006

DIPERCAYAKAN KEMULIAAN-NYA

Bacaan Firman Tuhan: Mazmur 8:4-7

Ada 4 hal yang orang percaya tidak boleh menyentuhnya, yaitu :

  1. Perpuluhan;
  2. Pembalasan;
  3. Hamba Tuhan, dan
  4. Kemuliaan.

Kita memang tidak boleh mencuri kemuliaan Tuhan, tapi justru menjadi kerinduan Tuhan adalah memberikan kemuliaan itu kepada setiap kita. Dari bacaan di atas, kita dapati bahwa Allah rindu memahkotai manusia dengan kemuliaanNya.

  1. Ketika Allah menciptakan manusia, Allah memberikan kemuliaan kepada manusia ciptaanNya itu. Pernahkah kita membayangkan, kita membangun sebuah rumah yang indah, lalu melengkapinya dengan perabot-perabot, ditata dengan bagus, dan setelah rumah itu selesai dikerjakan; kita menyerahkan kuasa atas rumah itu kepada orang lain.

Itulah Tuhan. DiciptakanNya langit, bulan, bintang dan semua yang ada di bumi ini, dan Allah memberikan manusia kuasa untuk mengelolanya. Sejak dari Eden hingga sekarang, manusia menjadi penguasa bukan dari apa yang dipunyainya dan ciptaannya tapi manusia berkuasa atas ciptaan Tuhan. Sebab manusia diciptakan menjadi serupa dan segambar dengan Allah.

Saat manusia itu jatuh dalam dosa, Alkitab berkata bahwa manusia itu kehilangan kemuliaan Allah. Tapi Allah justru menunjukkan keseriusannya dengan memberikan AnakNya, Yesus Kristus, untuk mengambil dosa manusia serta menawarkan kepada setiap manusia yang mau menerimaNya sebagai Tuhan adan Juruselamat, akan diberiNya kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (Yohanes 1:12). Saat kita menjadi anak-anak Allah kita dapat melakukan apa yang Bapa kita lakukan bahkan melakukan jauh lebih besar dari pada itu (Yohanes 14:12).

  1. Kuasa untuk menjadi anak, ketika kita lahir baru. Ketika kita menjadi anak kita juga akan menjadi ahli waris. Apa yang Tuhan punya pasti kita juga akan memilikinya.
  2. Kemuliaan yang lebih besar lagi sedang Tuhan sediakan pada jaman akhir (Kisah 2:17-19). Kitab Kisah Para Rasul ini tidak ada penutupnya itu berarti kita semua di jaman ini juga akan mengalami hal-hal ”luar biasa” itu. Tuhan ingin memakai kita semua karena Roh Tuhan ada berdiam dalam kita. Kita semua Hamba Tuhan. Jangan lihat diri kita, kita memang bukan siapa-siapa tapi dengan adanya Yesus dalam kita atau ada Roh Allah yang luar biasa tersebut dalam kita. Sebab, inilah waktu dimana akan terjadi hal-hal yang lebih luar biasa dari jamannya para rasul.
  3. Kemuliaan kekal di sorga (I Korintus 2:9; Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”) Ini berbicara tentang akan hal-hal yang luar biasa yang terjadi.

Kita berbicara tentang sorga. Di dunia ini, emas di bumi ini mahal harganya tapi di sorga emas itu hanya digunakan sebagai jalan; batu-batu permata yang begitu mahal harganya, di sorga dijadikan dinding. Alkitab lebih lanjut menuliskan, semuanya itu disediakan bagi anak-anak Tuhan.

Poin 1 dan 2 hari ini sudah kita terima dan dan hari ini juga kita sedang dipersiapkan untuk menerima poin 3 dan 4; sebab kita sedang berada di akhir jaman. Tanda-tanda jaman yang terjadi seperti gempa bumi, gunung-gunung bergejolak, tindakan kriminal dimana-mana. Ini membuktikan kita sedang berada di ujung akhir jaman dan Tuhan Yesus akan segera datang.

Bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menerima kemuliaan kekal yang besar yang Tuhan siapkan buat kita? Tuhan tidak menginginkan kita bermegah dalam kemuliaan yang Dia berikan (percayakan) buat kita untuk melakukan tanda-tanda heran. Pastikan paket kemuliaan yang Tuhan berikan buat gereja hari-hari ini, itu akan dibawa juga sampai kekal. Jadi, kemuliaan dan keselamatan harus kita jadikan satu paket yang kita miliki setiap saat.

Dan ketiga hal yang itu adalah (seperti yang tertulis dalam II Timotius 2:10-13) :

    1. Jika kita mati dengan Dia kitapun akan hidup dengan Dia (Yesus Kristus). Kita perlu dan dikubur mati bersama dengan Kristus. Dalam Roma 7:14-15; 6:23). Waktu kita mati bersama Kristus, maka Yesuslah yang menebus dosa manusia. Kita menjadi milik kepunyaan Kristus.

Yesus itu merupakan lambang kasih karunia.

    1. Kita harus bertekun (Ibrani 10:19,35-37; Wahyu 3:10). Tetap didalam kebenaran, Yesus tetap berada dalam kita karena Yesus yang akan mengaktifkan roh kita. Jangan pernah mundur. Tantangan, cobaan boleh datang, tapi tetap tinggal dalam Dia maka lihatlah ada perlindungan Tuhan menaungi kita.
    2. Kita harus setia (Lukas 16:10; Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”) Apa pun yang ada pada kita itu adalah milik (pemberianNya) Allah, baik itu harta kekayaan, istri/suami, anak-anak. Itu Tuhan beri untuk kita pertanggungjawabkan, apakah kita mengunakannya untuk kemuliaan Tuhan atau untuk diri sendiri. Harta sesungguhnya kita bukanlah yang ada di bumi ini tapi di sorga kekal karena ada Yesus yang menjadi miliknya kita. Tuhan mau Dia dipermuliakan dalam segala hal yang kita lakukan.

Inilah kunci, apakah kita bertanggungjawab dengan pemberian Tuhan atau tidak. Roma 11:36, ”Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Amin. /WM

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s