GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

Kekuatan yang Diperbaharui May 31, 2008

Pdm. Luther Dias

14 Mei 2006

Kekuatan yang Diperbaharui

Bacaan Firman Tuhan: Yesaya 40:13

Kita yang hidup di jaman ini adalah orang-orang yang spesial karena Allah memiliki tujuan dan maksud yang yang luar biasa. Menurut John Avanzini, “Ini merupakan waktu dimana Allah tidak akan menahan kebaikanNya dalam kehidupan kita” (Allah tidak akan menunda-nunda berkatNya atas kita, umat kepunyaanNya.) Orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan, kekuatannya diperbaharui; disamping itu ada percepatan rohani, dari yang tadinya tidur, bangun lalu berjalan; yang berjalan lalu berlari; dan yang berlari menjadi terbang.

Karena ini adalah waktu dimana Allah ingin memberkati kita dan hal yang harus dilakukan adalah dengan ”perbaharuilah kekuatan kita”. Hal ini berarti adanya pertukaran kekuatan kita (manusia) dengan kekuatan Tuhan. Dengan adanya pertukaran kekuatan kita dengan kekuatan Allah, hal inilah yang memampukan kita untuk mulai berjalan dengan kuasaNya yang berbeda (mulai dari hanya tidur, lalu bangun dan berjalan, kemudian berlari hingga terbang).

Maksudnya ialah berhubung Allah telah mempersiapkan berkat-berkat itu atas kehidupan kita, maka Allah menghendaki agar kita mengambilnya dengan cepat. Alah mau kita mengalami keberkatan yang bersumber dariNya itu agar dunia tahu bahwa Yesuslah Tuhan yang sanggup melakukannya.

Kekuatan manusia terbatas adanya. Oleh karenanya kita perlu menukarkan segala kekuatan / kemampuan kita dengan kekuatan Allah yang tidak terbatas tersebut. Tetapi, acapkali kita mempertahankan keterbatasan kekuatan kita yang kecil yang tidak berarti itu dengan kekuatan Tuhan. Saat ini, Tuhan mau terjadi suatu pertukaran.

Bagaimana caranya supaya kekuatan kita diperbaharui :

Dalam Kisah 28:1-10, menjelaskan :

  1. Memiliki tuntunan sorgawi (Kisah 27:10-14)

Disini kita dapati bahwa dari kisah perjalanan Paulus bahwa ada tuntunan dari sorga buat Paulus mengenai apa yang terjadi dalam perjalanan pelayanan mereka. Tapi saat Paulus memberitahukannya ke perwira tersebut tapi sang perwira itu malah lebih mendengarkan nahkoda dan jurumudinya.

Kapal ini dapat juga berbicara tentang kehidupan kita. Artinya kita yang berjalan dengan kekuatan kita sendiri. Orang yang sangat mempercayai diri sendiri, itu sangat berbahaya. Tapi kalau kita mempercayakan perahu kehidupan pada Tuhan, sekalipun ada bahaya Tuhan berjanji pasti ada pertolongan!

Hal inilah yang membuat Paulus tidak tidak gentar dalam perjalanannya.

Memang Allah berjanji akan ada berkat yang besar, ada perkara-perkara besar, kekayaan bangsa-bangsa datang pada kita; tapi kita juga akan mengalami gelombang yang besar. Hari ini, jangan hanya percaya pada nahkoda atau jurumudi (berbicara tentang kemampuan manusia) tapi percayakanlah kapal kehidupan kita pada Yesus sebagai Jurumudinya. Orang yang dipimpin dari sorga sama halnya dengan langit terbuka (open the heaven); atau jendela-jendela sorga; atau dalam terjemahan lain disebut dengan pintu gerbang banjir.

  1. Ada terobosan.

Bayangkan! Saat kita berdiri di depan sebuah pintu air (bendungan, pintu gerbang banjir). Dan ketika pintu itu dibuka, maka air yang ada dibalik pintu tersebut akan menerobos keluar denga kekuatan yang besar dan menerjang apa saja yang dilaluinya, termasuk kita. Bahkan juga, daerah pemukiman di sekitarnya juga akan dilanda dengan air itu.

Artinya, saat Tuhan melepaskan berkat berkat-berkatNya atas kita, sebelum semuanya itu terjadi Tuhan mau menerobos seluruh bagian dalam kehidupan kita terlebih dahulu. Semuanya dengan maksud, memperbaharui kehidupan kita.

  1. Air itu akan menyergap

Saat kekuatan kita diperbaharui, bersiap-siaplah Tuhan akan menyergap kita dengan berkat-berkatNya (dalam lawatan Allah).

Hari ini sama! Saat kekuatan kita diperbaharui Tuhan, maka Tuhan akan membuka pintu gerbang banjir itu buat kita. Kita akan terkaget-kaget, tercengang-cengang dan terheran-heran dengan semua yang Tuhan limpahkan pada kita. Bersiap-siaplah untuk menerima terobosan dan sergapan yang daripada Tuhan!

Orang yang dipimpin dari sorga, orang tersebut akan mengerti kemana Tuhan sedang mengarahkan ”kapal” kehidupannya. Contoh : Yosua (Yosua 3:1-4); yang Yosua lakukan adalah membiarkan tabut Tuhan berjalan di depannya dan biarkan Tuhan yang melakukan mukjizatnya. Yusuf (Kejadian 37-42), Yusuf dalam masa mudanya adalah seorang yang biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Artinya, orang yang dipimpin oleh Tuhan adalah orang yang biasa untuk melakukan segala hal dari Tuhan. Hal lainnya, Yusuf oleh bapanya, Yakub, mendapat perhatian lebih dari saudara-saudara lainnya hingga membuat Yusuf tidak disukai. Dengan memberikannya sebuah jubah yang maha indah (dalam terjemahan lainnya, jubah yang berwarna-warni) sebuah jubah yang hanya biasa dikenakan para bangsawan. Jadi, sejak mudanya Yusuf diperlakukan sebagai penguasa, oleh Yakub.

  1. Memiliki perlidungan sorgawi (Kisah 28:3-5).

Hari ini pastikan, bahwa dalam kehidupan kita ada perlindungan dari sorga. Sekalipun ada banyak hal yang bergoncang, di kota dan bangsa kita, tapi percayalah ada ada kuasa perlindungan/penjagaan dari sorga.

Hari-hari ke depan, Alkitab telah menulis, tidak akan menjadi lebih baik memang. Tapi orang yang diperbaharui kekuatannya, ada perlindungan dari sorga.

  1. Memiliki kuasa sorga.

Tuhan berjanji bahwa apa saja yang diperbuat tangan kita, Tuhan akan memberkati. Tuhan melakukan perbuatan-perbuatan besar, juga melalui tangan manusia. Sebab inilah waktu dimana Tuhan sedang mencurahkan kuasa sorga atas manusia. Setiap kita yang telah diurapi Tuhan mesti bergerak bersama-sama.

Tidak ada kemuliaan bagi Allah, jika manusia bisa bekerja sendiri;

Iman dimulai saat kekuatan manusia berakhir.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s