GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

TEMPAT KESUKAAN / FAVORIT TUHAN May 25, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

2 April 2006

TEMPAT KESUKAAN / FAVORIT TUHAN

Bacaan Firman Tuhan : Matius 21:17; Markus 11:11-12; Lukas 24:50

Berbicara tentang memberkati kota bukan berbicara tentang memberkati secara fisik tapi lebih ke personnya (masyarakat dalam kota tersebut). Dari ketiga bacaan di atas, ada hal yang membuat Yesus menjadi tertarik dan betah untuk tinggal di Betania. Ada perasaan feel at home di sana. Hal ini juga yang menjadi kerinduan setiap kita dimana dalam pribadi, keluarga, pelayanan, gereja lokal sampai ke lingkungan masyarakat kita, Yesus membuat tempat kesukaanNya dalam kita.

Dengan uang yang banyak membeli sebuah rumah yang mewah dan bagus, tapi kita tidak dapat membeli suasana dalam rumah tersebut.

Betania berarti rumah kencan (house of date). Setiap kita harus menjadi rumah kencanNya Tuhan, dimana Dia dapat menggendong, merangkul dan berinteraksi dengan kita. Yang membuat Tuhan Yesus tertarik dengan Betania, bukan soal ada objek wisata atau adat istiadat, tapi lebih karena Yesus mendapati ada 3 (tiga) pribadi dalam kota itu yang membuatNya Tuhan jatuh hati.

  1. Marta; yang melayani sifat lahiriah (kemanusiaan) Yesus. Orang yang senang mengadakan fellowship dan duduk dalam strukur/organisasi.
  2. Maria; yang melayani sifat keilahian Yesus. Orang yang suka duduk dalam menara doa dan berdoa, mengikuti seminar-seminar doa, bernubuat dan kegiatan-kegiatan prophetic apostolic lainnya.
  3. Lazarus; saat Lazarus mati barulah Tuhan menyatakan kuasa kebangkitan. Artinya, jika kita mau mati dari keakuan / kedagingan kita, maka Tuhan akan membangkitkan kehidupan yang baru.

Setiap kita pasti punya penonjolan-penonjolan baik itu di pelayanan Marta, Maria atau juga Lazarus. Tempat terbaik bukan soal posisi pelayanan tapi tempat yang Tuhan mau dari kita. Setiap kita punya bagian dan tempat dalam menyenangkan hatiNya Tuhan. Yang buat Tuhan senang adalah ada gaya hidup pelayanan atau gaya hidup Tuhan dari ketiga pribadi ini. Kalau ketiga hal ini yang kita buat dan selalu tanya Tuhan apa yang kita buat, terjadi kematian ”daging” kita, pelayanan yang selalu berfokus pada Tuhan, adanya kehidupan doa, hidup dalam hikmat, dan gaya hidup berfellowship. Itu yang buat Tuhan senang dan betah.

Sebelum menjawab hal ini marilah kita lihat terlebih dahulu level-level rohani, yaitu:

  1. I Korintus 3:1-3; level bayi. Level dimana kita selalu minta diperhatikan, hidup secara manusia duniawi.
  2. Filipi 2:19-22; level pelayanan. Mulai memperhatikan kepentingan orang lain, tapi saat ada masalah yang maunya mundur dari pelayanan, mementingkan diri sendiri (motivasi untuk keuntungan diri sendiri).
  3. Lukas 17:7-10; level hamba. Berserah sepenuhnya pada Tuhan dan tidak mengharapkan terima kasih.
  4. Yohanes 15:13-15; level sahabat. Memberikan nyawa, mau mati bagi sahabat. Maka Tuhan yang akan memimpin hidup kita. Hasilnya, kita mengetahui rahasia-rahasia Allah.

Saat kita mau ”mati” kedagingan kita, inilah yang menjadi rumah kesenangan Tuhan. Dan apabila Tuhan yang hidup, hidupNya yang penuh berkat itu melingkupi kita.

Kenapa banyak orang tidak mau ”mati”?

Karena masih sering kepahitan (Ibrani 12 : 15, Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.)

Masih mencintai sesuatu lebih dari Tuhan (I Timotius 6:10; Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka)

Masih mencintai diri sendiri

Masih menyimpan dosa.

Apapun yang kita lakukan semuanya untuk kemuliaan Tuhan. Saat kita taat, Tuhan akan buat segala sesuatu !

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s