GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

TEROBOSAN TANPA BATAS May 24, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

5 September 2005

TEROBOSAN TANPA BATAS

Ada tiga hal yang merubah sejarah dalam hidup manusia yaitu:

1. Kekerasan

Di luar Yesus tidak ada kedamaian. Kalau kita mengikuti perkembangan di dunia melalui media TV hari-hari ini, dimana-mana terjadi kekerasan. Sebagai orang Kristen, hanya bila hidup di dalam kebenaran firman kita dapat membawa damai dan menyelesaikan pertengkaran. Hal itu hanya didapat bila kita menerima damai yang adalah diri Yesus.

2. Pendidikan

Kalau dalam pendidikan tidak ada Tuhan, maka generasi dan keluarga kita akan menjadi rusak

3. Kekayaan

Kalau kekayaan ada pada orang di luar Tuhan, maka bisa menjadi brutal. Misalnya kekayaan yang dipakai untuk mendalangi orang narkoba.

Dalam Mat 14:13-21, Yesus sebagai Kepala Gereja suka membuat terobosan, contohnya mendoakan orang sakit sembuh, demonstrasi kuasa Tuhan dan tanda-tanda heran, juga membuat terobosan dalam hal materi, contohnya saat memberi makan orang banyak. Murid-muridNya tidak mengerti dan bingung, bagaimana mungkin memberi makan 5000 orang dengan lima roti dan dua ikan. Kondisi ekonomi saat ini yang semakin terpuruk membuat kita berpikir tidak mungkin. Tetapi lewat kebenaran ini kita melihat bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Kalau kita percaya Yesus adalah Tuhan dan mengikutiNya, maka kita akan melihat perubahan di dunia pendidikan, di dunia orang-orang yang memiliki kekayaan dan di dunia kekerasan. Yang ada hanya damai dan kelemahlembutan.

Ada beberapa arahan kebenaran agar terjadi pemulihan dalam ketiga hal diatas, yaitu:

1. Mat 14:16: artinya tim (semua yang terlibat dalam mewujudkan visi dan misi), punya tanggung jawab dalam setiap bagiannya dan keterikatan dalam kerjasama yang baik, juga harus memiliki hati yang suka memberkati. Bukan sekedar memberi perpuluhan, dan persembahan di gereja. Tetapi juga memberkati Tuhan dengan penyembahan kita setiap hari, di mana saja kita berada. Itu yang disebut extending church (gereja perpanjangan). Contohnya, lingkungan pendidikan, lingkungan pemerintah (ABRI), dunia usaha/dunia kesenian. Sehingga hamba Tuhan berjawatan tidak hanya ada di gereja, tetapi di dunia market place juga. Untuk terjadi perubahan ada pintu-pintu gerbang pokok yang harus dibuka yaitu:

  • Gerbang transformasi sosial, yaitu kunci absolut dibidang kemasyarakatan, sehingga dimana saja kita berada harus terjadi terobosan/ transformasi.
  • Gerbang transformasi perpindahan kekayaan, yaitu kunci absolut perpindahan kekayaan bangsa-bangsa kepada orang-orang yang dalam kebenaran. Tranformasi Tuhan percayakan hanya kepada gereja yang suka memberkati. Kalau kita tidak mengerti tentang gereja perpanjangan, maka akan berbahaya karena keuangan yang kita miliki hanya untuk membangun gedung gereja, organisasi, hanya memikirkan kelompok sendiri, dan bukan lagi untuk membangun kerajaan Allah. Kerajaan Allah tidak terbatas diantara dinding gereja lokal tetapi juga extending church. Kerajaan Allah bukan kerajaan dunia. Kerajaan Allah ada dimana sekumpulan orang-orang percaya yang mengaku bahwa Yesus kristus adalah Tuhan.

2. Yoh 6:9: miliki hati seorang anak.

Hati seorang anak:

  • Maz 131:2 > selalu bergantung pada orang tua. Kita tidak mungkin tidak bergantung pada Yesus Tuhan. Tuhan memakai orang yang mau dipakai oleh Dia dan yang karib dengan Dia.
  • Yoh 15:20 > sifat anak memiliki kesamaan dengan orang tua. Tujuan Bapa di dalam hidup AnakNya, yaitu memenangkan jiwa, melayani, meninggikan Bapa, menjadi keluarga Bapa, dan juga harus dimuridkan. Kita juga harus melanjutkan tujuan Tuhan dalam hidup kita.
  • Yoh 6:9 > kejujuran (integrity). Orang yang hidup jujur pasti berserah. Dalam berserah, iman kita semakin terlatih dan nyata, sehingga kemanapun Tuhan tuntun, kita pasti mengikutinya karena kita percaya padaNya. Ada saat dimana kita diuji oleh Tuhan. Terkadang ada suasana yang sepertinya tidak mungkin, tetapi percayalah Dia sebagai Bapa pasti menopang dan mengarahkan kita sehingga Tuhan dipermuliakan. Kita harus jujur bahwa kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita. Jujurlah dengan hidup kita di hadapan Tuhan, ingat siapa kita, maka Dia pasti akan membuat terobosan dalam hidup kita. Kebohongan menghambat Tuhan berkarya dalam hidup kita. Kejujuran adalah batu penjuru dari keberhasilan, kejujuran adalah batu penjuru dari karakter. Kalau kita tidak jujur maka Allah tidak akan mempercayakan segala kemampuan Tuhan. Sekali saja kejujuran itu kita gadaikan maka kepercayaan itu susah untuk kita dapatkan kembali.

Mat 14:18-19: doa deklarasi artinya pernyataan yang singkat dan jelas. Doa deklarasi dimana kita berteduh dalam kasihNya, anugerahNya, hadiratNya, dan melakukan hal yang benar, tanpa peduli konsekuensinya, karena mengetahui bahwa Tuhan akan mendatangkan kebaikan. Yesus mengucap syukur dan memberkati kemudian membagi-bagikan roti dan ikan. Deklarasi juga berarti kita meyakini pernyataan-pernyataan yang tidak dapat dirasakan atau dilihat tapi kita punya keyakinan bahwa Dia ada dan Dia buat mujizat dalam hidup kita.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s