GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

Mengapa Komunitas Mesianik? May 24, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

3 Juli 2005

Mengapa Komunitas Mesianik?

Bacaan Firman Tuhan: Yeremia 2:13

Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air.”

Ada 2 (dua) peringatan Tuhan untuk bangsa Israel, yaitu:

1. Mereka meninggalkan Tuhan yang merupakan sumber air hidup

2. Mereka menggali kolam yang bersumber pada ide mereka sendiri

Peringatan ini sebenarnya untuk kita. Kalau kita mencoba melayani dengan kemampuan, kekuatan, dan pengertian kita sendiri, maka hal itu akan dipandang jahat di mata Tuhan.

Gereja, khususnya ROCK Ministry, harus berada dalam sumber air yang hidup yaitu hubungan intim dengan Yesus yang menghasilkan pertumbuhan -melalui Komunitas Mesianik (KM)- dan tidak hanya bermain-main di sungainya Tuhan (senang dengan tanda-tanda heran sesaat saja).

Kita tahu bahwa visi ROCK Ministry adalah membangun masyarakat mesianik, yaitu harmonious, victorious, glorious (esa, jaya, mulia). Sebagai masyarakat Mesianik, kita semua dilatih mendoakan orang sakit, melepaskan orang yang terikat dosa dan kuasa gelap, dan membawa orang yang terhilang dan kesusahan untuk masuk dalam keselamatan dan kesukaan Tuhan. Bila kita hanya terlibat dalam ibadah raya saja, sama artinya dengan rajawali yang hanya punya satu sayap sehingga tidak bisa terbang. Itu sebabnya kita memerlukan satu sayap lagi, yaitu Komunitas Mesianik.

Mengapa Komunitas Mesianik penting? Karena dalam KM kita dapat mempraktekkan Firman Tuhan yaitu membangun kasih persaudaraan, saling melayani dan mendorong dengan karunia-karunia Roh dan talenta setiap orang, sehingga terus bertumbuh dan dapat menghasilkan pelipatgandaan bilangan murid.

Seperti sumber air dari sungai kehidupan Tuhan, kita harus keluar semakin jauh dari bait Allah dan tenggelam semakin dalam di sungai kehidupan Allah. Artinya kita tidak hanya tinggal dalam rutinitas dan kepentingan pribadi, tetapi keluar dari diri sendiri dan membawa kemuliaan Allah bagi orang lain. Jemaat yang digembalakan di dalam KM harus diberi motivasi untuk melayani dan memenangkan jiwa.

Dalam KM kita dapat memenuhi 3 kebutuhan dasar manusia yaitu dikasihi, dihargai dan diakui. Sebab itu seorang gembala KM diharapkan memiliki hati Bapa, kasih Bapa, dan kuasa Yesus, sehingga Tritunggal itu nyata melalui terpenuhinya kebutuhan tersebut.

Apa untungnya jika kita berada dalam sumber air kehidupan?

Yehezkiel 47:1-12 :

1. KEDALAMAN (ay. 1): Artinya semakin dalam kita tenggelam dalam sumber sungai kehidupan, maka karunia-karunia Roh dan talenta kita akan makin dipertajam sehingga kita dapat menjadi berkat bagi orang lain.

2. ARAH (Ay. 12): Arah sungai berbicara tentang tugas kita melayani dan memberitakan injil ke ‘arah timur’, yaitu ke tempat yang ada kematian (laut mati). Di mana ketika ada kematian, perceraian, dan masalah lain, di sana kita harus pergi untuk mendoakan mereka. Segala sesuatu yang dilintasi sungai kehidupan akan menjadi hidup. Dunia saat ini sangat membutuhkan hal-hal yang hidup, karena itu sebagai perwakilan kerajaan Allah kita juga harus membawa kehidupan.

3. KUASA (ay. 12): kuasa sungai kehidupan berarti kita harus membawa dampak yaitu menampakkan kasih (1 Petrus 3:8), dan pelayanan kasih yang dapat dilihat, seperti persahabatan adalah kasih yang bersifat pribadi, musik adalah kasih yang dapat didengar, pemberian adalah kasih yang dapat dipercaya, kebaikan adalah kasih yang dapat dipegang.

Kita bisa efektif dalam misi dan pelayanan jika kita berada dalam sumber air hidup, yaitu pribadi Kristus. Kita menjadi hamba Tuhan yang militan dan radikal kalau kita dalam sumber sungai kehidupanNya.

Tidak ada seorangpun yang dapat benar-benar kuat, terhormat, murni dan baik tanpa berdampak pada lingkungannya dan itu bisa direalisasi melalui KOMUNITAS SEL MESIANIK.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s