GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

KEHIDUPAN YANG BERPENGARUH May 24, 2008

Pdt. Eluzai Frengky Utana

25 Desember 2005

KEHIDUPAN YANG BERPENGARUH
DAN YANG DAPAT DIPERCAYA

Luk 2:6-7 “ Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya di dalam lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.”

Mat 2:6 “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan mengembalakan umat-Ku Israel”.

Kelahiran Yesus Kristus di muka bumi adalah wujud kasih-Nya yang tidak dapat diukur oleh apapun. Dia yang adalah Raja menyetarakan Diri Nya dengan manusia untuk maksud penyelamatan, dan rela menjadi miskin untuk menjadikan kita kaya.

Kelahiran sang Raja Damai di kandang domba yang hina dan kotor tidak mempengaruhi status ke-Allah-anNya, sebaliknya Dia membawa pengaruh bagi dunia. Betlehem tidak lagi menjadi yang terkecil ketika bangkit seorang pemimpin bangsa Israel yaitu Yesus Kristus.

Jika Kristus yang ada dalam hati kita dan memenuhi hidup kita, otomatis kita bukan lagi yang terkecil dan miskin melainkan kita menjadi yang terbesar dan kaya, dimana kita dapat melakukan perkara yang besar bersama Yesus. Kita juga dapat menjadi pengaruh jika kehidupan kristus terekspresi dalam kehidupan kita. Mat 5:13, “Kamu adalah garam dunia.” Kita harus jadi garam dunia sehingga hidup kita membawa pengaruh bukan saja dalam hal kekayaan atau materi melainkan juga dalam hikmat, pengetahuan, karunia-karunia Roh dan urapan yang melimpah di dalam Yesus Tuhan.

Yesus datang ke muka bumi untuk menjangkau manusia. Demikian juga hidup kita yang sudah diperbaharui dan dipenuhi kehidupan Kristus harus bisa membawa manusia kepada Kristus. Kristus mmebawa pengaruh dan terkenal bukan karena Dia mempromosikan diriNya, melainkan karena kehidupanNya yang benar di hadapan Bapa, yang mengakibatkan Dia terkenal dan berpengaruh. Jika hidup kita diberkati itu adalah akibat dari kehidupan Kristus yang nyata dalam diri kita sehingga Allah mempercayai kita.

Hal-hal yang tidak boleh ada dalam diri kita jika ingin menjadi pengaruh dan dapat di percaya:

1. Jangan ada agenda jabatan dalam hati kita. Mat 18:1-4, “siapakah yang terbesar dalam kerajaan sorga?”.

2. Jangan ada dalam hati kita keuangan melebihi dari yang kita cintai. Mat 26:18-26, “…Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: “bukan aku, ya Rabi?“ kata Yesus kepadanya: ”Engkau telah mengatakannya.”

3. Jangan memiliki sikap merasa berjasa/punya andil. Mat 19:27, “lalu petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: “Kami telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?”.

4. Jangan memiliki mental pemilik tetapi milikilah mental pengelola. Mat 19:20-23, “Kata orang itu kepada-Nya…pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga…”.

5. Jangan ada di hati kita tuntutan untuk di hargai. Luk 17:7-10, “… Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang di tugaskan kepadanya?… Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu hendaklah kamu berkata: kami adalah hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s