GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

HIDUP ADALAH SEBUAH PERLOMBAAN May 24, 2008

Pdm. Luther Dias

18 September 2005

HIDUP ADALAH SEBUAH PERLOMBAAN

Amsal 3:3-5: “Janganlah kita tinggalkan kasih karunia dan kebenaran Allah, tetapi kalungkanlah itu pada leher dan tuliskanlah pada loh hati kita” (ay. 3).

1 Kor. 9:24-25: “Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.”

Ada dua hal yang Tuhan berikan kepada orang percaya:

  1. Hidup kekal
  2. Kerajaan Allah

Hidup ini adalah suatu perlombaan (pertandingan) untuk mendapatkan MEDALI (mahkota yang abadi) dari Tuhan. Dalam Ibrani 12:1 dikatakan bahwa ada 2 (dua) hal yang diwajibkan untuk kita tanggalkan, yaitu: beban dan dosa. Jika kedua hal ini tidak ditanggalkan maka akan merintangi atau menjadi penghalang dalam perlombaan.

Ada 3 (tiga) arti dari perlombaan:

  1. Perlombaan itu sendiri; ada aturan-aturan yang harus diikuti dalam perlombaan, yaitu Firman Allah itu sendiri. Firman Allah berfungsi sebagai rambu-rambu, sebab jalur yang harus dilewati dalam perlombaan tersebut sudah ditentukan oleh Allah. Untuk mengikuti perlombaan ini kita harus terus melatih diri, mengikuti rambu-rambunya.
  2. Konflik; dalam suatu perlombaan konflik seringkali terjadi. Tapi selama anugerah dan kebenaran ada dalam kita maka pasti ada jalan keluarnya. Adakalanya kita menolak masalah yang Tuhan ijinkan dalam hidup kita karena kita tidak melihat bahwa di baliknya ada sesuatu yang ingin Tuhan perlihatkan bagi kita. Tuhan tahu segala hal yang tersembunyi dalam hidup kita, dan Tuhan mau menyentuh itu supaya kita tetap ada di dalam Dia dan mengikuti jalur perlombaan dengan benar (… janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri, Ams. 3:5). Percaya dan tetap berpegang pada aturan-aturan dan jalur yang ditetapkan Tuhan.
  3. Perkelahian, pertengkaran, pertaruhan; hal ini sering terjadi dalam perlombaan. Misalnya dalam bentuk sesuatu yang membingungkan kita. Jika terjadi hal yang membingungkan atau mengejutkan, kita harus menguasai diri.


Kejadian 32:22-32

Pada saat kita mengalami masalah (pergumulan yang berat) kita harus mengerti bahwa dalam hidup kita ada:

  • Manahaim – tuntunan Tuhan untuk kita tetap berada dan mengikuti jalur yang Tuhan tentukan;
  • Sungai Yabok, Kej. 32:22-24 – ujian kesendirian. Adakalanya Tuhan mengijinkan kita melewati Sungai Yabok (kekosongan) agar kita tidak mengandalkan diri sendiri, tetapi bergantung penuh pada Tuhan;
  • Pniel – tempat terjadinya transformasi, Kejadian 32:28-30. Sebelum mengalami transformasi Yakub dipukul pangkal pahanya terlebih dulu oleh Tuhan. Transformasi dalam hidupnya membawanya menemukan dan melihat kemuliaan Allah (Pniel).

Kalau kita memikirkan hal kemarin, kita sedang berjalan mundur

Kalau kita memikirkan hal sekarang, kita sedang bertahan

Kalau kita memikirkan hal mendatang, kita sedang bertumbuh

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s