GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

MENGENAL BERBAGAI MACAM URAPAN / BERKAT May 24, 2008

Pdt. Tulus Rahardjo, MA. MP.Min
12 Maret 2006

MENGENAL BERBAGAI MACAM

URAPAN / BERKAT

Bacaan Firman Tuhan: I Sam 16:12-13

Keberhasilan Daud, antara lain :

  1. Melalui kecapinya, Daud mengusir roh jahat (16:18,23)
  2. Melalui batu dan umban, dapat mengalahkan Goliat (I Sam 17:49)
  3. Melalui refleknya, dapat luput dari kematian (18:11-14)

Kata kunci segala keberhasilan Daud adalah :

– adanya urapan dari Tuhan yang Daud terima dan dipelihara.

Beberapa jenis urapan, yaitu : urapan untuk :

  1. Kesembuhan / Kesehatan (Mar. 16:18b; Yak. 5:14).

Allah menghendaki agar kita, umatNya, baik dan sehat-sehat saja. Sakit itu bukan rencana Tuhan (Wahyu 2:22), tapi merupakan ‘paket’ yang dibawa iblis akibat manusia yang jatuh dalam dosa. Dan cara paling efektif agar kita tidak sakit, adalah dengan saling mendoakan, baik dengan minyak urapan ataupun penumpangan tangan, serta menjaga kesehatan melalui pola hidup yang sehat. Tuhan telah menyediakan kuasa kesembuhan didalam kita.

  1. Pergumulan “Rumah Tangga” (I Samuel 1:17)

Dalam kehidupan rumah tangga, ada banyak hal yang dihadapi dan tanggungjawab-tanggungjawab yang berat. Tetapi, yang Tuhan sediakan adalah bagaimanapun dan seberat apapun pergumulan, Allah kita adalah Allah yang memberkati dan Dia Allah yang bertanggungjawab atas setiap rumah tangga. Setiap masalah yang diijinkan terjadi atau sedang kita dihadapi dalam rumah tangga adalah jalan untuk kita mengalami mukjizat dan berkat-berkat yang baru daripadaNya.

  1. Seisi rumah / Harta (Keluaran 12:23)

Penting sekali agar setiap barang atau harta kita diurapi. Agar ada penyertaan Tuhan. Tuhan tidak pernah membiarkan anakNya mengalami kehilangan tanpa Dia bermaksud memberikan yang baru (Allah memperhitungkannya)..

  1. Hidup di masa tua (Yesaya 46:4)

Kecenderungan manusia adalah orang yang semakin tua adalah orang yang mengalami penurunan dalam berbagai aspek, mulai dari kehidupan kesehatannya merosot, imannya mengalami lemah bahkan tidak siap untuk hidup tua (maunya muda terus). Walaupun sudah lanjut umur janji Tuhan adalah Dia akan menyelamatkan, menggendong dan yang bertanggungjawab atas hidup kita. Orang yang hidup dalam urapan Tuhan, semakin tua semakin dia diberkati.

  1. Hidup kudus (Yesaya 6:7)

Orang yang mau bertobat, yang mau bertumbuh dalam Tuhan dan meninggalkan dosanya, cenderung untuk dihantui dengan perasaan bersalah akan masa lalu (terintimidasi). Karena itu perlu diurapi untuk memiliki kemampuan untuk meninggalkan dosa masa lalu tersebut.

  1. Melunasi hutang (II Raja-raja 4:3,7)

Hutang adalah tanggungjawab yang sudah jatuh tempo. Kunci rahasia agar kita diberkati adalah dengan melunaskan (membayar kewajiban) hutang kita tepat pada waktunya. Dan Tuhan memberi kita kemampuan untuk kita dapat melunasi hutang-hutang kita, sejauh mana kita mau bertanggungjawab.

  1. Hidup diberkati (Bilangan 6:24-27)

Berkat seperti apa yang Saudara harapkan (Seperti pelunasan hutang, atau panen, atau langit yang terbuka?) Mulailah dari memberi persepuluhan.

Apa itu persepuluhan? Sepersepuluh dari Penghasilan yang kita terima dari Tuhan :

– Bisa Melalui Gaji sebagai Pegawai,

– Bisa Melalui bisnis (Laba Bersih),

– Bisa Melalui Orang lain yang dipakai Tuhan untuk memberkati kita.

Contoh : Yakub (dalam Kejadian 28:20-22)

Siapa yang harus melakukan perpuluhan? Setiap orang percaya yang tertanam (komitmen) didalam satu gereja.

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Mal 3:8-10

Untuk apa persepuluhan? Ulangan 14:28-29; “Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya dalam kotamu; maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.“

  1. Seorang profesional (Kejadian 4:20-220)

Tuhan kita adalah Tuhan yang telah melengkapi kita dengan keahlian-keahlian kepada setiap pribadi agar kita dapat menjadi profesional di dalam setiap bidang yang ditekuninya. Setiap orang percaya harus menjadi ahli (skillfullness).

  1. Persiapan kematian

Matius 26:12, “Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku,”.

Idealnya setiap orang yang mau meninggal, tahu kapan kita akan kembali ke rumah Bapa kita. Saat kematian menjelang seharusnya kerohanian kita dewasa; contoh : Yakub, sebelum meninggal, ia memanggil seluruh anak-anak dan keluarganya lalu memberkati setiap mereka, satu demi satu, setelah itu dia naik ke pembaringannya dan meninggal.

Perlunya urapan persiapan kematian agar kita tidak perlu takut akan kematian. Sebab kematian bagi setiap orang percaya Yesus hanyalah “perpindahan” dari dunia ke Firdausnya Allah. Untuk mencapai tujuan akhir dari kehidupan kita, harus dimulai sekarang ini.

Saat seseorang diurapi Tuhan, yang dahulunya orang itu biasa-biasa bahkan cenderung diabaikan, ia akan menjadi seseorang yang luar biasa yang hatinya berkenan kepada Tuhan. Tuhan menyediakan urapannya bagi setiap kita yang mau untuk menyatakan kemuliaanNya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s