GBI ROCK MAKASSAR

Representative of Christ Kingdom in Makassar

Fungsi Gereja May 24, 2008

Pdm. Jonathan Anton
29 Januari 2006

FUNGSI GEREJA

Bacaan Firman Tuhan: Yesaya 42:1-3

Ayat I, “Lihat, itu hambaKu yang Kupegang, orang pilihanKu, yang kepadanya Aku berkenan…”

Kalau ada Tuhan yang mengakui keberadaan umatnya, kalau ada Tuhan yang mengakui penyembahnya; itu hanya Tuhannya orang Kristen. Tuhannya orang beragama tidak mengakui keberadaan umatnya. tidak mengakui keberadaan penyembahnya. Karenanya kita, orang Kristen milikilah “PD” Ilahi. Sebab kita ini adalah orang-orang pilihan Tuhan. Bagaimana dengan Saudara ?

Bahkan untuk mengikat pengakuan Tuhan atas kita, Tuhan memberikan jaminan (garansi) yaitu dengan Roh Kudus tinggal di dalam kita (juga sebagai materai.)

Dalam Yesaya 42:1-3, Keberadaan kita diakui, keberadaan kita dipilih dan ada jaminan Roh Kudus dalam kita. Sedangkan, Yesaya 61:1-6; Keberadaan kita yang diperlengkapi untuk dipercayakan melakukan tugas Ilahi. Roh Allah ada pada kita oleh karena ada urapan atas kita.

Ada 3 (tiga) macam urapan, yaitu :

1. Urapan pentahiran (Yun : Talepho)

II Kor.5:17; “Jadi siapa yang ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru : yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Filipi 3:13,14, “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”

Ketika Saudara dilahirkan kembali, saat itulah kehidupan Saudara yang dulu ada sakit penyakit, kutuk, kemiskinan, kesukaran, kegagalan, dan segala macam hal akibat dosa; diubahkan menjadi manusia baru. Yang lama berlalu, yang baru sudah datang. Saatnya kita melangkah dengan satu keyakinan, manusia baru penuh sukses, diurapi, kemenangan, punya kuasa, penuh iman, punya otoritas dan tidak ada satupun yang mampu menghalangi ketika kita berjalan. Semua ini bisa terjadi karena hati kita sudah dibaharui. Dan kita ditahirkan agar mentahirkan juga orang lain.

2. Urapan untuk melakukan tugas Ilahi (Yun : Krisma)

Gereja ROCK (Representative of Christ’ Kingdom) ini merupakan inspirasi dari Roh. Kenapa? Karena, kita adalah perwakilan Kerajaan Allah di bumi. Untuk apa? Bertujuan untuk melaksanakan atau melakukan tugas dari yang mengutus kita.

Dalam Yohanes 14:12, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.”

Efesus 4:12, “untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubu Kristus.”

Nilai hidup kita adalah Roh Tuhan yang berdiam didalam kita.

3. Urapan kepemilikan (Yun : Kriyo, artinya milik)

Roma 8:14-17. Kita ini miliknya Tuhan. Umat yang dikasihi dan dipilihNya untuk menyatakan kemuliaanNya.

Ayat 17, kata “ahli waris” artinya sewaris dengan apa yang Kristus punya. Apa yang Kristus terima dari Bapa, Kristus berikan itu bagi kita sebagai hak waris. Karena kita adalah ahli waris Kerajaan.

Kebenaran, kasih, kehidupan yang benar, teladan hidup, hidup tanpa cacat cela itulah warisan Ilahi.

Kesimpulan :

- Allah menjadikan kita, gerejaNya, menjadi partner atau rekan kerja Tuhan; untuk menyatakan pekerjaan-pekerjaan yang Dia lakukan terhadap dunia ini.

- Tugas gereja adalah memperlengkapi orang-orang kudus, untuk melakukan perbuatan baik, seperti yang telah Kristus lakukan terhadap dunia ini.

SETIAP KITA YANG TELAH DIAKUI, DIPILIH,

DAN ROH KUDUS DIAM DALAM KITA;

KITA DIPERLENGKAPI GUNA MELAKUKAN TUGAS/PEKERJAAN ILAHI.

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.